Wednesday, December 30, 2009

Untuk Attar(2)

Ibumu

Attar,
seandainya engkau bertanya pada ayah "siapakah yang paling berjasa dalam hidupmu", ayah tak kan ragu menjawab bahwa ia adalah ibumu. jika engkau bertanya kembali "siapa yang paling pantas untuk attar sayang dan hormati di dunia ini?". jawabnya tak berbeda, ibumu. pun seandainya engkau masih bertanya "siapa yang harus attar jaga dengan segenap jiwa?". yang pertama tentu, Ibumu.

Attar,
Ibumu adalah makhluk yang padanya engkau telah menggantungkan hidup semenjak dalam kandungan. dialah yang dengan segenap hati merelakan dirinya menderita selama kehamilan dan mempertaruhkan nyawa selama proses kelahiran. ayah bersaksi bahwa ibumu sungguh2 berjuang melahirkanmu untuk melihat jagad raya, menyusuimu, membersihkan dirimu tatkala buang kotoran. dia, dengan sayang dan kecintaannya menggendong & menyanyikanmu lelagu pengantar tidur. dia, dengan air mata & lembut usapannya menunjukkan kasih saat sakit menyerangmu..

Attar,
Ibumu adalah simbol ketulusan & keikhlasan. dia tak pernah mengeluh meskipun harus mengganti siang dengan malam & malam dengan siang untuk merawatmu ketika kecil. dia tak pernah mengaduh ketika kenakalanmu muncul, tatkala tangismu pecah dan ibumu mesti menenangkannya. ibumu adalah lautan kesabaran bagimu, yang padamu tak akan habis perhatian & belaian lembutnya.

Attar,
ibumu adalah makhluk paling kuat yang pernah ayah lihat. dalam artian, dia masih mampu memikirkan & melayani dirimu, ayahmu, meski dalam kondisi paling sulitpun. tapi, attar, kekuatan yang nyata hanya milik Dia. sehingga akan datang masa kekuatan itu pudar dan sirna. saat itulah giliranmu menjaga & merawatnya. waktu itulah engkau harus bisa menentramkan hati & membahagiakannya.

Attar,
ayah juga punya ibu, nenekmu. mungkin ayah tak pernah bisa menjadi anak yang baik baginya. tak pernah mampu memberi hal terbaik padanya. atas hal inilah ayah berharap, kelak, engkau menjadi lebih baik dari ayah; hormati, sayangi & jaga ibumu..

1 Comments:

Blogger Erry Airlangga Arieprathama said...

love this...

December 29, 2014 at 12:59 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home